Kamis, 02 April 2009

Masih Muda tapi Udah Ubanan

Ini pengalaman saya beberapa tahun lalu. Atau ketika saya bersekolah kelas satu SMA. Saat itu saya sudah sering menemui uban di kepala saya. Tapi ubannya aneh, putihnya cuma setengah dari rambut dan sisanya hitam. Mulanya saya anggap biasa aja. Mungkin memang sudah waktunya pikir saya. Terus berlanjut hingga saya naik ke kelas dua. Nah, disini mulai nampak banget. Rambut dikepala saya dibuka sedikit aja udah keliatan ubannya. Mana ada yang full lagi putihnya. Sampai-sampai teman saya ada yang negur "Kamu sudah ubanan ya Fik?" Haduh...saat itu kepercayaan diri saya agak terganggu. Malu kan masih sekolah tapi udah ubanan. Kalo orang tua sih wajar, tapi kalo masih 17 tahunan udah ubanan wah...malu-maluin banget kan?
Saat itu saya sering minta dicabutin uban sama ibu saya. Padahal menurut kata orang kalo uban dicabutin nanti malah bertambah banyak. Tapi saya gak peduli. Uban yang nampak banget dari luar dicabutin. Daripada gak percaya diri nantinya, ya ga? Pokoknya bila ada langsung dicabut. Bila ga ada Ibu atau saudara, saya malah sering ngaca sendiri nyabutin uban dikepala sebisanya.
Ini terus terjadi sampai saya naik kelas tiga. Uban dikepala saya tambah parah. Malu banget bila potong rambut pendek-pendek karena dijamin ubannya akan bertambah nampak.

Melihat saya begini lama-lama ada juga akhirnya keluarga yang peduli. Adalah nenek saya yang merasa kasian sama saya karena tiap kali nenek saya kerumah saya pasti beliau saya minta cabutin uban. Dan ternyata nenek saya pernah dengar dan tahu ada ahli pengobatan kampung tradisional yang bisa mengobati orang ubanan di usia muda seperti saya. Tempatnya di sebuah desa di satu kecamatan yang jaraknya lumayan jauh dari kota pelaihari. Tapi karena nenek saya sering kesana menengok cucu jadi saya berani aja minta nenek saya nyari pengobatan bila kesana. Tak lupa saya nitip uang. Karena hari gini gitu loh! Mana ada pengobatan yang gratis^^ Singkat cerita nenek saya akhirnya balik lagi membawa obat kampungnya yang ternyata berupa minyak yang hitam pekat dan kayak ada arang-arangnya tapi dalam serpihan kecil. Kata nenek saya namanya minyak pala. Yang membuat saya tidak menyangka, buat mendapatkan itu minyak ternyata ada unsur mistis-mistisnya juga. Kata nenek saya kalo mau dibuatkan minyak itu dibuatkan nasi ketan dulu, trus telor ayam kampung dll baru bisa dibuatkan minyaknya. Saya sih waktu itu antara percaya dan ga percaya juga. Apalagi ada juga syarat lain yang aneh. Masa kalo selama pengobatan ga boleh melewati jemuran? Tapi karena niat mau pulih yaaa diturutin aja maunya. Ketika itu, saya menjemur cucian sendiri pun jadi ga mau :D Lalu apa hasilnya? Sampai itu minyak habis satu botol ternyata ga ada kemajuan juga. Wah, ga manjur tuh pengobatan pikir saya hehehe... Pas ditawarin mau diambilkan minyaknya lagi saya sudah ogah. Malas aja. Padahal konon tu minyak ramuan memang ampuh banget. Karena sudah ada yang membuktikan. Tapi kok ga berlaku buat saya ya?

Trus ada lagi saya menemukan hal yang aneh. Katanya kalo mau berhenti ubanan nanti pas malam bulan purnama saya disuruh keliling rumah dan kepala ditutupi sama panci. Aneh banget kan? Tentu saja saya ga mau nyobain hal begituan yang ga masuk akal. Ketemu saran ini ketemu saran itu akhirnya dapat juga saran yang masuk akal. Bukan saran sih, tapi nasihat gitu. Oleh seseorang saya disuruh mengurangi pemakaian minyak rambut sama ganti-ganti shampoo. Kebanyakan zat kimia kali di kepala jadi sampai ubanan. Ya udah, akhirnya saya ikuti saja.

Singkat cerita ternyata saran itu manjur juga. Setelah saya meninggalkan segala jenis minyak rambut dan mengurangi shampo lama-lama uban dirambut saya mulai nampak berkurang. Sampai akhirnya saya sama sekali meninggalkan yang namanya minyak rambut. Pakai shampoo pun cuma seminggu sekali bahkan kadang lebih. Alhamdulillah sekarang rambut saya udah ga ubanan lagi. Bila ada tapi ga separah dulu lagi. Hasilnya sekarang udah ga minus percaya diri lagi. Dan kalau entar ubanan lagi aku pasrah aja. Umur udah tua kali hehehe.
..

1 komentar:

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)