Minggu, 26 April 2009

Nasib Seorang Pengguna Warnet

Segala sesuatu yang kulakukan buat ngeblog hanya bisa kukerjakan di warnet. Maklum ga punya fasilitas internet sendiri di rumah. Adalah aku punya warnet langganan (bukan langganan juga sih, cuma akunya saja yang sering kesitu). Aku sering kewarnet itu karena disana bisa bebas nyolokin kabel data atau flashdisk. Dan koneksinyapun cukup cepat. Dan juga harganya per jam nya pun lebih murah daripada yang lain. Biarpun masih pake PC biasa tapi aku cukup puas ngenet disitu. Karena merasa nyaman maka kemarin jadi ada niat buat ngeblog. Dan tercipta lah sebuah blog sederhana minim pembaca seperti ini :)
Tapi apa kah yang terjadi kemudian? Suatu hari kulihat warnet langgananku tutup terus. Tentu jadi tanda tanya buatku. Dan aku merasa ini bagai musibah. Bagaimana mau bikin postingan kalau begini. Trus juga jadi terganggu bila lagi mau ganti dan upload foto di facebook saya. Dan setelah beberapa hari ga kesana lalu pas warnet itu buka lagi ternyata aku mendapatkan kekecewaan hingga ke tujuh belah pihak. Warnet itu ternyata tak bisa lagi dipakai buat browsing, khusus buat main game online saja. Memang sebelumnya disitu bisa buat browsing biasa sekaligus ngegame. Tapi entah kenapa si punya warnet malah membuatnya spesial buat game saja. Halah...tentu saja aku jadi pusing. Kegiatan buat ber-jejaring sosial dan ngeblog jadi terganggu. Tapi aku ya pasrah saja. Mau protes ke yang punya warnet tentu tidak mungkin karena itu hak dia. Jadi biarlah aku mengalah dengan berpindah ke lain hatiwarnet.

Aku coba kewarnet yang paling oke. Kenapa paling oke? Karena warnet ini tempat atau boxnya luas. Sampai-sampai bisa dipakai buat rebahan. Full AC, kompinya pake LCD yg gede banget dan juga koneksinya yang sekali klik langsung wuzzz...cepat banget hehe... Tapi sayang seribu sayang, nyolok kabel data seakan diharamkan disini. Pernah nyoba memaksa yang ada malah keluar peringatan dari adminnya "TIDAK DIIZINKAN MENAMBAH APLIKASI TAMBAHAN" disertai gambar tanda silang warna merah yang menyeramkan. Trus nyolok flashdiskpun serasa main petak umpet. Nyolok dari depan tidak bisa karena dijamin flashdisknya ga bisa masuk, seperti ada yang menghalangi dari dalam. Jadi harus secara sengaja nengok kebagian belakang CPUnya buat nyolok. Dan teganya, slotnya cuma dikasih satu saja! Tentu saja aku merasa kurang nyaman jadinya.

Pindah lagi kewarnet yang lain. Warnet tempat para manusia yang hobi chatting di c*****g. Mesum abis! Disini bisa nyolok kabel. Tapi pas dibuka di PCnya di tiap folder cuma keluar gambar kotak-kotak. Sial lah sudah! Mana koneksinya sangat sangatlah lambat. Untuk buka satu page saja bisa sambil smsan dulu. Aku tidak terkejut seandainya ada yang bilang koneksi disitu cuma 1kbps. Nyatanya memang begitu.

Dan akhirnya nyari lagi warnet yang lain. Sebuah warnet yang cukup jauh dari rumah. Dan syukurnya, disini bisa nyolok kabel dengan aman plus dikasih slot flashdisk yang lapang sehingga kegemaran ngopy gambar atau lagu dari flashdisk orang bisa kulakukan disini. Tapi... (ada tapinya lagi) disini tempatnya sempit banget. Kaki harus benar-benar dilipat dan posisi tubuh harus diatur sedemikian rupa supaya bisa nyaman buat ngetik atau mainin mousenya. Dan satu lagi, disini PCnya payah. Monitornya aja kedap kedip dan agak ngeblur seperti televisi pakai antena biasa trus antenanya ditiup angin kencang. Bisa ngebayangin kan bagaimana rasanya =)

Itulah pahitnya seorang pengguna warnet seperti aku. Dimana-mana mendapat halangan dan rintangan. Tapi aku memaklumi, karena warnet juga tempat umum jadi wajar saja jika pemiliknya membuat batasan buat penggunanya atau alat-alat yang sudah menurun kualitasnya karena sebegitu banyaknya orang yang memakai. Tentu tak bisa disamakan dengan milik pribadi dirumah. Tapi yang anehnya, biar pun susah payah menderita begini tapi aku tetap saja mau-maunya nulis di blog ini. Padahal apalah manfaatnya buat orang lain. Yang ada tentu bikin capek diri sendiri. Tapi yang namanya suka yaa...mau bagaimana lagi hehe...
Dan sekarang sedang berusaha nyari penuntasan masalah ini. Sudah ada nyusun rencana. Rencananya apa ga bisa dituliskan disini. Lelah sudah mengetik huruf demi huruf. Yang terpenting tetap semangat buat ngeblog apa adanya. Keep spirit and go go go!!!

1 komentar:

  1. Hai ka ne anggi, emang warnet langganan pyn bys tuh yg dmn gerang? Knp jd kd kw ngebrowsing cma ngegame online. Di warnet ogikah?(yg disblh smp1, ne warnet juga akhir2 ne koq lemot sih) Emank sih game online lg trend skrg, cm kan gak penting jg, pentingan browsing ya toh...?
    Ka taulah warnet mana aja yg murah? Maklum kd tp tehe lagi tmpt2nya? Kasih tau dong... Bisa dibls saja di fbq.

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)