Selasa, 01 September 2009

Karena Ramadhan Bulan Penuh Ampunan


Hmmm… udah hari keberapa nih di bulan ramadhan? Ga pernah menghitung dan memperhatikan hehehe… Yang jelas aku tu semangat tiap harinya buat melaksanakan ibadahnya bukan hitungan mundur bulan ramadhan kapan selesai. Atau juga sikap ga sabaran nunggu lebaran. Tiap harinya santai, dan berpikir bagaimana mendapatkan nilai pahala yang maksimal di bulan ramadhan kali ini. Karena pernah mendengar dari ustadz yang mengisi kuliah subuh bahwa sesungguhnya kita itu merugi bila dalam sebulan ramadhan kita tak mendapat ampunan dari Allah. Waduh, kalau dipikir-pikir benar juga apa kata tu ustadz. Karena di bulan ramadhan memang bulan dimana pintu maghfirah atau ampunan yang seluas-luasnya. Tapi dipikir-pikir lagi ternyata susah dan ga gampang buat mendapat ampunan seutuhnya. Ibadah harus bener-bener maksimal kalau mau begitu. Ah, tapi aku ga ambil pusing. Yang penting aku sudah berusaha melakukan ibadah yang lebih baik dari pada bulan-bulan sebelumnya.

Dan ngomong soal tarawih, dihari yang kebeberapa ini ternyata semangat orang-orang udah pada mulai mengendur. Jadi ceritanya begini, kalau tarawih itu kan aku biasanya mengambil shaf yang didepan. Jadi aku ga tau gimana perkembangan jamaah yang ada dibelakang. Malas nengok-nengok kebelakang. Tapi pada awal puasa sih aku liat nampaknya jamaah di mesjid memang full banget. Beberapa hari sesudahnya juga masih nampak full-full aja. Kukira orang-orang disini memang pada rajin sholat tarawih. Hari berikutnya aku kurang memperhatikan lagi dan baru-baru tadi aku liat dan ternyata? Oalaaah… ternyata eh ternyata para jamaah udah berkurang hampir separo. Haduhaduh, pada kemana tuh jamaah yang lain? Sikap rajin diawal-awal bulan ramadhan ternyata berlaku hampir disetiap langgar atau mesjid. Awalnya aja yang full hingga nampak satu mesjid juga ga muat tapi pas lewat seminggu aja sudah pada hilang tyang emang niat banget mau memaksimalkan nilai ibadah ramadhannya seperti *ehm* aku ini. Dan sisanya anak-anak yang niatnya Cuma mau minta tanda tangan imam tarawih buat tugas sekolah. Padahal ikut sholatnya aja nggak.

Dan bulan ramadhan masih lebih dari setengah bulan kayaknya. Jika kamu merasa dipanas-panasi oleh ucapan ustadz kuliah subuh tadi tentunya masih banyak waktu untuk membuktikannya. Tunjukkan kalau kamu juga bisa mendapatkan ampunan dan saat hari kemenangan tiba kamu mendapati diri kamu fitri seutuhnya. Susah sih merasakan gimana rasanya bila dosa kita terampuni. Ga ada tandanya. Seandainya bila udah dapat ampunan itu kita dapat cap di dahi kita tentu kita bakalan tahu hehehe… Tapi menurut aku pribadi janganlah karena dapat ampunan itu jadi acuan dalam Ibadah. Kalau mau ibadah ya beribadahlah dengan hati ikhlas. Ga mau yang ini atau yang itu. Bukankah kita hidup sudah dalam limpahan segala nikmat dan karunia Allah. Jadi wajar kalau kita patut mensyukuri dengan beribadah yang ikhlas. Urusan diampuni atau tidaknya kita serahkan padaNya saja. Kamu bakalan tahu juga nanti bagaimana. Setidaknya pas udah mati dan hari kiamat tiba. Eh, tau-taunya kamu nyelonong aja masuk kesurga. Sementara teman yang lain pada antri dihitung amal ibadahnya dan terbengong-bengong liat kamu jalan santai ke surga. Dan kamu dengan wajah santai bilang pada mereka “Ni hasil dari Ramadhan kemarin bro. lu kemana aja ramadhan kemarin?” hehehe… ini Cuma ilustrasi pribadi aja. Menghayal dikit-dikit. Jadi, lewat tulisan saya ngajak semuanya untuk beribadahlah yang kira-kira terbaik dan semampu kalian kerjakan. Mudahan di akhirat entar aku menemukan catatan bahwa aku mendapatkan pahala sekian persen dari hasil ajakan beribadah lewat blog =)

2 komentar:

  1. kayaknya puasa masih sekian hari lagi, selamat menjalankan ibadah puasa..

    BalasHapus
  2. wah si om udah kaya ustad aja. sep! ane setuju! yang nama nya ibadah kudu ikhlas!

    BTW... setiap kali ku lihat gambar di post blog ini kayak nya ada garis melintang nya. ada ape bos sama kamera ente?

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)