Rabu, 26 Agustus 2009

Tentang Ramadhan Kali Ini

Masjid tempatku Tarawih

Bulan puasa sudah berjalan beberapa hari. Hmm… dapat apa aja nih? Mudahan ga dapat lapar dan haus aja. Sementara pahala pada tekor. Tapi ngga deh, aku memang sudah niatan bulan ramadhan kali ini mendapatkan pahala yang maksimal. Meski semua rencana yang sudah kurancang pra bulan ramadhan kemarin ga semuanya bisa kulaksanakan. Seperti niatan sholat dhuha tiap hari atawa mau sholat malam. Sampai detik ini ga sehari pun aku laksanakan. Rupanya setan lumayan sukses mendidik nafsu kesetananku selama sebelas bulan berlalu jadi meski bulan ramadhan ini setan-setan sudah diikat dijerat dan dipasung tapi tetap aja setan pada senyum liat makhluk-makhluk seperti ku ga bisa juga melakukan sepenuhnya perintah AlQuran dan sunnahnya. Kasian deh gue. Tapi meski begini aku merasa ga parah-parah banget. Sholat subuh tetap aja berjamaah dan tarawihpun mau aja di mesjid yang terkenal paling lama daripada mesjid-mesjid yang lain. Artinya upaya biar bisa jadi makhluk tuhan yang lebih baik agak berjalan dikit-dikit hehehe…

Ngomong-ngomong soal tarawih, sampai hari ini aku enjoy aja ikutan yang tiap malam satu juz AlQuran. Meski terkadang ngantuk tapi tetap juga mampu bertahan. Karena sayang, kalau ketinggalan satu hari aja berarti ketinggalan bacaan 1 juz itu brarti kalau ngaji beneran udah kelewatan dan udah masuk hitungan hatam satu AlQuran. Rugi kan? Jadi biar bagaimanapun teteeep diupayakan untuk tarawih tiap malam. Dan kalau tarawih tiap malam brarti pada malam dua satu ramadhan entar sudah dipastikan aku ga ikutan teman lagi buat nonton festival Tanglong. Padahal teman-teman udah pada pesenin aku buat ikutan tapi karena udah berkomitmen beribadah full satu bulan maka sorry de morry aja cuy, aku ga bisa ikut. Lagi pula aku masih merasa trauma sama kejadian tahun kemarin pas nonton aku hampir aja mau pingsan di tengah keramaian. Ga tahan ama hawa panas akibat banyaknya manusia yang numpah di satu tempat plus asap yang ada dimana-mana. Wuihh… untung saat itu ga pingsan beneran.

Ada sesuatu yang unik pada tarawihan di bulan ramadhan kali ini. Imam sholat tarawih nya kan baca ayatnya satu juz. Meski aku tahu para imamnya ini adalah hafiz atau penghafal AlQuran tapi tetap aja aku merasa khawatir kalau-kalau imamnya kelupaan. Apa ga kacau tuh kalau seandainya benar-benar kelupaan? Nah, insiden kelupaan ayat ini ternyata benar dan sering terjadi. Dan yang herannya kalau imam udah kelupaan ayat imamnya bakalan diam selama beberapa detik dan selanjutnya terdengar ma’mum yang dibelakangnya yang melanjutkan ayat nya beberapa kata trus baru imamnya yang melanjutkan lagi. Wow… ternyata ma’mum dibelakang ternyata lebih hafal! *pikiran orang yang ga tahu* Tapi apa, ternyata ma’mun dibelakang itu sambil sholat sambil membaca AlQuran kecil ditangannya. Kira-kira menjaga bacaan imam deh tujuannya. Pantas saja, lupa dimanapun ayatnya tetap aja bisa disambung oleh dia hehehe… kukira dia lebih hebat! *emang hebat* tapi meski dia kerjaannya menjaga bacaan imam pake AlQuran kecil itu, tetap aja tu orang luar biasa. Bacaan Imam yang kalau boleh diistilahkan pakai opera turbo itu ternyata mampu aja didiktenya. Kalau orang awam mah ga bakalan mampu. Membaca yaasin berjamaah aja sering ketinggalan =) Ngiri dah aku pribadi sama orang hebat seperi itu. Nyesel gue ga jadi duduk dikursi pesantren sebagai santri. *Hwaaa… jangan ingatkan aku dengan kata pesantren* hehehe… aku memang punya sedikit pengalaman agak sepet ama yang namanya pesantren. Bukan di pesantrennya tapi cerita pas mau masuk pesantrennya. Entar deh kalau lagi mood aku tulis juga di blog *karena blog adalah tempat mencurahkan isi hati*

Dan bulan ramadhan masih lama lagi berakhir. Masih ada banyak kesempatan buat nambah pahala dan meningkatkan ibadah. Mumpung bulan ramadhan kata ustadz yang ngasih kuliah subuh di mesjid, di bulan suci ini kita jangan malu-malu meminta dan mengharap pada Allah karena dibulan ini lah Allah membuka seluas-luasnya pintu rahmat. Meski kamu seseorang yang pendosa *ga bisa menemukan kata yang lebih halus, maaf =)* jangan sungkan untuk meminta karena sejatinya memang kepadaNya lah kita meminta bukan pada yang lain-lain. Tapi alangkah baiknya jika kita tahu adab meminta, artinya kita tobat dulu, melaksanakan kewajiban kita dulu, beribadah yang bener dulu, baru kita meminta. Gitu seharusnya. Tapi maklum aja lah Pak Ustadz, manusia memang sering begitu. Kerjaannya nyosor aja minta-minta tanpa tahu di adab =) *nyinggung diri sendiri juga* Dan harapannya tentu aja diakhir bulan ramadhan nanti kita bener dapat berkahnya. Apa yang kita minta terkabul semuanya. Dan kalau buat aku pribadi terkabul atau tidaknya, aku cuma berkata “Alhamdulillah wa syukurillah” atas segala yang udah ada. Gitu aja. Ga ada kata yang lain.

2 komentar:

  1. Alhamdulillah! Ente masih bisa ber ibadah malam... lah gua? bukan karena setan ato apa? ya begini lah nasib udah penelitian... orang teraweh, ane masih puyeng ngitung data plus ngarsip benih yang jadi objek penelitian. Aduh Pik.. ane malah mikir kenapa dulu ga masuk Pesantren aja malahan.

    Tapi tak apalah... doain aja bos ane cepat kelar penelitiannya! beres total! biar semoga taon depan bisa ikut teraweh lagi. Met Berpuasa aje! Bila ada yang nanya kabar ane.. bilang apri lagi puyeng.. he3x

    BalasHapus
  2. @c4vl3124
    hahaha... segala sesuatu kadang butuh pengorbanan bro. aku aja demi fokus ke ibadah rela cuti gawe sebulan penuh. jadi pas bulan ramadhan aku malahan bokek :D
    yup, entar dibilangin. btw, pas awal ramadhan kemarin teman-teman angkatan kita pada bikin acara buka bareng. tapi aku ga ikutan coz aku lagi sakit.

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)