Senin, 29 Juni 2009

Hadiah Wafer Tango Palsu Belaka



Pagi tadi secara tak kusangka dan tak kuduga aku mendapatkan sesuatu dibalik bungkus wafer tango. Sebuah kertas dilipat sedikit kecil yang sebagiannya dilaminating trus didalamnya ada sebuah potongan kertas lagi yang lebih kecil. Bertanya-tanya juga apa sebenarnya dari isi kertas ini. Tapi berhubung pagi tadi lumayan sibuknya jadinya terlupakan dulu itu kertas rahasia. Nah, pas siangan dikit dan kesibukan udah habis barulah aku kepikiran lagi. Tanpa buang lebih banyak waktu langsung saja itu kertas aku buka. Pelan-pelan juga sih karena takut kertasnya sobek. Dan setelah kertasnya terbuka apakah yang tertera didalamnya saudara-saudara? Sungguh aku lumayan terkejut. Apakah ini nyata? Apakah ini bukan mimpi di pagi bolong? Disana tertulis "SELAMAT...! Anda Mendapatkan Hadiah Langsung Produk Promo Dari PT. ULTRA PRIMA ABADI. 1 unit mobil : TOYOTA AVANZA" Saat itu tentu saja aku merasa senang bukan main. Hari gini gitu loh dapat mobil. Mimpi apa aku semalam hehe... Nah, itu setelah aku membaca tulisan yang tertera pada kertas yang kecil. Dan setelah aku baca-baca tulisan di kertas yang lebih besar alangkah kecewanya diriku. Rasa senang bercampur haru lebay tadi langsung hilang seketika, laksana api pada sebatang korek yang disiram dengan air segalon, rasa senangku tadi langsung berubah. Dari semula manis tiba-tiba menjadi hambar tawar. Karena apa? Disana tertulis "Pengesahan atau legalisasi surat dan administrasi merangkap BBN (Biaya Balik Nama) STNK untuk kendaraan roda empat ditanggung oleh pemenang dan harus dilunasi sebelum hadiah diserah terimakan..." Akupun bertanya-tanya, lho kok harus bayar lagi? Kalau yang diiklan-iklan biasanya pajak ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan bersangkutan yang ngadain undian? Ah...udah bisa menebak nih, ini undian yang ga bener. Palsu. Tipu *marahmarah ga jelas.

Dan ya udah. Tapi buat meyakinkan diri sendiri akhirnya dicoba dulu nyari kejelasannya. Akhirnya aku search di google nyari tentang undian berhadiah dari wafer tango. Dan pada posisi puncak hasil pencarian langsung tertuju pada website resmi perusahan yang punya tu wafer. Pas dibuka dan dibaca-baca, oalaahh...isinya tentang keluhan semua dan ternyata banyak yang bernasib sama. Sama-sama komplain hadiah mobil tapi ternyata palsu dan tipuan. Bahkan ada yang mengaku sudah tertipu ckck...kasian juga.

Memang sih pada awalnya pas dapat itu kupon undian keliatannya meyakinkan. Disana tertera bukti-bukti yang cukup membuat si calon korban percaya. Seperti ada tanda tangan General Manager perusahaan, Kapolda, Kadirjen pajak dan pembuat notaris. Jadi buat orang awam tentu saja bisa dibuatnya jadi percaya dan mungkin saja jadi korban. Tapi kalau konsumen yang bijak seperti aku ^^ tentu saja ga mudah tertipu. Kan udah ada internet jadi buat nyari informasi seperti ini jadinya ga sulit hehe... Kesimpulannya, zaman sekarang jangan mudah percaya sama hal-hal yang secara mendadak memberi kita sesuatu yang mewah atau menggiurkan. Teliti dulu kebenarannya sampai sedetail mungkin. Biar nanti ga sampai tertipu sama hal yang murahan kayak tadi.

Lalu bagaimana sih sebenarnya mekanisme dan apa aja yang harus kita lakukan bila kita memang mendapat hadiah beneran? Memang banyak banget produk-produk yang mengadakan undian berhadiah buat menarik konsumen. Caranya bisa melalu kupon yang ditaruh dalam kemasan atau kita disuruh mengirim kemasan produk. Nah, masalahnya untuk yang jenis kupon para penipu itu pintar banget meniru seakan kupon palsu itu berasa asli. Akupun bertanya pada seorang bapak yang aku kenal. Namanya bapak Said. Beliau pernah mendapatkan sepeda motor Mega Pro pada sebuah undian produk jasa. Awalnya beliau merasa tidak percaya juga ketika menerima surat pemberitahuan bahwa beliau jadi salah satu pemenang. Di surat itu memang disuruh menelpon nomer telpon, tapi bukan untuk dimintai uang buat ini itu. Melainkan beliau ditanya dimana beliau tinggal dan dealer penyedia sepeda motor terdekat dimana. Kemudian beliau diminta untuk memberi nomer telpon yang bisa dihubungi. Dan ternyata beliau dihubungi pihak dealer dari kota ini juga. Jadi kepengurusannya dilakukan pihak lain. Setelah itu baru deh si bapak tadi ngambil sepeda motor di dealer. Jadi bukannya dikirim pihak penyelenggara undian. Emang Tiki pake dikirim =) Memang sih tak sepenuhnya gratis karena ada beberapa surat-menyurat lagi yang harus diurus. Tapi karena hadiahnya sudah di depan mata jadi ga masalah. Daripada undian tadi, hadiahnya ga jelas cuma lewat telpon doang trus disuruh mentransfer duit. Mana percaya?! Sekali lagi, jangan lah mudah percaya dan jangan sampai anda jadi korban. Teliti sebelum mentransfer hehe... Dan bila anda ketemu kupon undian seperti gambar diatas, saya berani jamin itu modus penipuan saja.

43 komentar:

  1. he3x.... sama neh... ane kira-kira 4 bulan yang lalu beli detergent daia yang rentengan (maklum bos! mahasiswa hobinya ngirit) dan dari rentengan, semua bungkusnya ada kupon undiannya, semuannya hadiahnya mobil!!! Waha..ha..ha.. kaya mendadak neh ceritanya!

    Tapi apa lacur semua palsu (untung detergent-nya tidak ikut-ikutan palsu, jadi masih bisa dipake nyuci)! Masa satu kupon disuruh bayar 6 juta? sinting! dapat dimana tu duit!

    Untung Pick ente cepet nyadar, masalahnya lumayan banyak yang kena tipu... sering-seringlah nonton reportase investigasi di tarns tv, biar tidak kena tipu! Okeh bos!

    BalasHapus
  2. hahaha... brarti masih untung wafernya ga ikutan palsu juga. bisa mati keracunan nanti ceritanya :D

    emang kasian jika yang kena orangnya ga tau apa-apa. kirain dapat untung eh ternyata malah buntung. jadi segala apa yang terjadi di zaman sekarang ni harus diteliti dulu beserta bukti-buktinya. jangan mudah percaya ya ga? oke juga bos. thanks buat komentarnya.

    BalasHapus
  3. yah.... nyaris sama dengan saudara ku dibndg. aku dijakt dah kalang kabut cari imfomasi eh taunya palsu..... kasian deh gw..!

    BalasHapus
  4. kwkwkwk....sama yang terjadi pada orang tuaku...beli tangonya sih udah beberapa hari dan td siang baru dibuka...alangkah senangnya orangtuaku setelah dapat kupon BBM dengan berhadiah toyota avanza...nah setelah aku datang aku cek kupon tersebut...keanehan terlihat kok ada no hp yg harus di hubungin....utk meyakinkan diriku..maka kucari di google...he...he...ternyata penipuan...

    BalasHapus
  5. @Sultan
    Hehe... Pernah ngalamin juga ya? Hari gini kalo ga jeli bisa-bisa malah ketipu :D
    Btw, blognya ga bisa diliat user lain ya?

    BalasHapus
  6. sama juga kayak aku nih.......!nemu bungkusan di pinggir jalan, q gosok dan kubaca dengan benar "SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1 UNIT MOBIL AVANZA" Hub 0813xxxx, 0812xxxx, 0813xxxxx setiap hari kerja (senin - Jum'at Pukul 08.00 - 15.30)pas ku hubungi eh... ternyata minta biaya administrasi BBN / BPKB. Rp. 3.000.000,- pusinglah aq. untungnya ada pentunjauk dari Allah SWT. Kubuka google, astaga
    " PENIPUAN" selamat dech... entar kukerjain tu nomer.

    BalasHapus
  7. @All anonim
    syukurlah jika kalian yang nyari petunjuk ketemu di blog ini =) maaf blog nya masih terlalu sederhana. standar abis. berbulan-bulan tapi ga sempet ngedit. tapi isinya mudahan sedikit bermanfaat.

    BalasHapus
  8. hahahaha.....

    sama persis tuh kaya gw,

    gila "selamat anda mendapatkan satu buah Mobil toyota avanza"

    girang setengah mati tuh gw . . . .

    semalem bokap beli tanggo jg,ada 3 lembar kertas:
    1. kupon
    2. dari kapolri
    3. ga jelas apaan lupa lagii. . .(malum terlalu seneng)

    eh . . . ternyata eh ternyata. . . .

    najis dah gw. . . .

    untung gw ga jadi tuh ke pt ultra jaya . . . .

    gila gila gila . .

    BalasHapus
  9. @scream_alone
    Selamat! Berarti anda juga konsumen cerdas hehee...
    Pokoknya mekanisme pengambilan hadiah kira2 sama seperti apa yang sudah ditulis. jadi kalo disuruh ngirim duit duluan sementara hadiahnya ga jelas, itu jangan dipercaya!

    BalasHapus
  10. duh banyak orang pandai hampir apes gara ngiler baca tulisan selamat anda mendapat mobil avanza
    gwa dpt avanza besoknya beli eh malah dpt inova, bini gwa kegirangan yg avanza dah dirobek ma tmen gwa doi berang minta ampun maklum abis stres kerja g dpt duit malah suruh nanggung utang.
    gimana klo kita semua ngumpul trus bikin klub hampir apes

    BalasHapus
  11. mobil inova waaaow
    ketipu juga ni yeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    gwa punya nasip samaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  12. Wah, semakin banyak nih korbannya. Sekali lagi, hati-hati! Coz ga ada yang bisa dimintai tanggung jawab bila kita jadi korban. Dan ingat, mekanismenya adalah ada hadiah baru kita bayar. Bila hadiahnya ga jelas jangan percaya!

    BalasHapus
  13. hwa....haa....
    ak juga dapet bro...masa gw beli wafer 3 dapet avanza semua..wakk..kkk

    BalasHapus
  14. tadi pagi waktu aku nyapu halaman depan rumah, ada kertas kecil(3,5x5 cm) dilaminating.aku langsung membuka dan...ya itu....isinya sama dengan yg anda-anda ceritakan....awalnya aku rada percaya...trus setelah aku buka internet cari2 info, wahhh......ya udah deh....

    BalasHapus
  15. Wah... Ternyata masih bermunculan para calon korban tanggo :) Mudahan postingan ini bermanfaat. Jangan sampai ada yang ketipu lagi. Jaman sekarang tentang apapun harus mikir minimal dua kali dulu sebelum bertindak.

    BalasHapus
  16. saya juga mendapatkan persis kupon yang ada di profile yang ada didepan, ternyata hasilnya mengecewakan sekali PALSU, semoga orang* yang mencoba melakukan percobaan penipuan ini tangannya PUTUS dan hidup sengsara dunia akherat.

    BalasHapus
  17. telo tenan masak ampe jogja ni nomer siale 02180009000, inget!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  18. Tapi mesti hati-hati juga. Tiap kupon biasanya beda-beda nomernya :)

    BalasHapus
  19. hm... buat temen2, klo liat undian ada stempelnya kapolri diliat dulu, stempel kepolisian tu ga ada yg lonjong, tapi bundar

    BalasHapus
  20. nama saya purbo gue juga ketipu soal tango seperti diatas untung gue baca thanks ya soal informasinya gue dr klaten smp 1manisrenggo kls 8f

    BalasHapus
  21. Laporin aja ke yg berwajib.....!!!!!

    BalasHapus
  22. @jojo
    Mungkin sudah ada kali ya yang laporin hal ini. Tapi bagaimana kelanjutannya memang ga pernah ada kabar beritanya.

    BalasHapus
  23. Hay teman-teman...adikku sore ini juga menemukan kupon undian palsu dari tanggo yang isinya menang 1 unit mobil toyota avanza. malah ada foto notaris, kapolda metro jaya n dirutnya PT. Ultra Prima Abadi. tapi aq langsung curiga, karena kemasannya tidak meyakinkan alias hasil print2an komputer. dan aq browsing di websitenya tanggo ternyata emang bohong alias dt wafer tanggonya sendiri tidak bikin program undian.
    So buat teman2 yang lain prinsipnya kalo kita mau kaya ya bekerja. jangan mengharapkan sesuatu yang mustahil.
    salam

    BalasHapus
  24. iyanih nih bro gw bener2 dah tau modus penipuan Tango, soalnya gw dah sering dapat yg hampir sama ma ni undian. jd gw langsung wkwkwkw... liat ni undian.
    "SELAMAT BUAT PARA PENIPU"
    loe dapat satu buah unit Rumah Neraka GRATISSSSSS.
    tanpa di hisab...

    BalasHapus
  25. sama dong nasib kita, kemarin di suasana yang sangat panas mengguyur kota makassar waktu kejadiannya. aku lagi siap-siap istirat (tidur siang gitu) tiba-tiba brotherku bawa tuh 2 lembar kertas yang dilipat. tanpa ragu-ragu aku buka aja, eehhh ternyata kupon hadiah langsung dari pt. prima, aku telpon aja langsung tuh contactnya, ternyata sundala dia minta uang 2 jt. ikir dong pak, ane bukan orang yang bisa ditipu....
    hahaha, malahan aku yang tipu dia, aku bilang aku udah kirim uangnya......
    thanks ya, aku doain deh, mudah-mudahan dia ngak dapat korban....

    BalasHapus
  26. info" ini no baru undian palsu 021-40290923 / 081219966917

    BalasHapus
  27. neviana_indriyati@yahoo.com. he.he.he. ketiban penipuan juga aq y........... tapi sangat meyakinkan tuh brosurnya. harusnya nama yg dicatut harus proaktif ya. semua departemen dicatut....harus dibrantas supaya semua orang tidak teretipu. iya kayak kita yg cukup cerdaas dan tau mencari solusi. tapi bagi yang tidak ....inilah saatnya kita membantu orang lain yg tidak tahu.itung-itung buat amal .dg pengaduan kita bisa ditindaklanjuti dan orang lain tidak terimbas penipuannya...........

    BalasHapus
  28. Kalo bnyk yg ketipu, bearti slh produk dong! kog bisa-bisanya itu kupon masuk ke kemasan ,wah produsennya nggak tanggapi kejadian ini diboikot aja productnya nggk usah beli tuh beli mrk lain aja !

    BalasHapus
  29. trus gw gimana ni .,.,.gw jadi bingung.,,.tadi pagi gw dapat hadiah dari tanggo.,.,ada tertulis tanpa di undi,..,,. gimana ni.,,.?

    BalasHapus
  30. raditya

    adik saya td pagi juga menemukan undian ini di pinggir jalan... lalu dia menelpon saya... dan saya mencoba mencari informasi di google... ternyata.... cucunya segudang...
    pertanyaan saya :
    1. kok undiannya bisa masuk di dalam kemasan tango ?... mohon tanggapan pihak tanggo... !
    apabila ini tidak benar, seyogyanya pihak tango memberikan informasi / pengumuman melalui televisi maupun surat kabar...!!

    2. bisa gak ya, pihak yg berwajib menangkap pelaku penipuan tersebut... dg pura2 menjadi konsumen yg mendapatkan hadiahnya... kan ada alamat lengkapnya...

    BalasHapus
  31. sialan kirain bnran..td gw jg dpt kupon hadiah avanza,,untung gw cr info digoogle...amsiong dah tnyta cm tipuann..

    BalasHapus
  32. Thanks infonya bos...kmrn sore anak gw jg dapet kupon yg sama dg hadiah Innova.Sempat berangan2 jg ntar klo udh dpt Innovanya, tuh mobil dijual u/ lunasi kredit mobil yg skrg.Tp untung gw cari info via internet...dan ternyata betul dugaan gw...

    BalasHapus
  33. mojoanjaz@yahoomco.id2 September 2010 pukul 01.08

    baru aja dapet kupon undian,ternyata.........sama dan sama penipuannnnnnnnnnnnnnn,,,,,,,,,,,,@###@$@$#@!...

    BalasHapus
  34. Wah meski posting udah lama ternyata masih banyak aja undian kayak gitu. Malah sekarang lebih berkembang. Terakhir saya tahu ada lagi hadiah palsu bin tipu di snack Biskuat. Gila dah tuh si tukang tipu. Moga makin waspada aja deh semuanya. Jangan gampang percaya atas hadiah ini itu yang tidak jelas sumbernya apalagi yang mau minta kirimin duit dengan embel-embel pajak atau gimana. Trims atas perhatiannya di blog saya :)

    BalasHapus
  35. walakkakakakak... Alhamdulillah gw ga kena,,tadinya c agak percaya dikit ketika dapet kopon hadiah langsung 1 unit mobil inova ,, tp yg meragukan, cetakan 2 kopon gede kualitasnya amatiran & kopon kecil gada hologramnya, trus no csnya ga sama dg no cs yg ada dikemasan tango.. SELAMAT... Wkwkwkwk...

    Waspadalah,,kejahatan bukan karena niat,,tp karena ada kesempatan :))

    BalasHapus
  36. binatang tuh tango ,............
    bikin orng gembira aja,..........
    sial tango sial,............

    BalasHapus
  37. y bner ga sah prcya.nyari duit kok nipu org.gw aja ktipuu nihh.hahahaha....

    BalasHapus
  38. maret 6, 2012
    baru saya juga dapet hadiah dari wafer tango, yah tadinya saya pecaya sama promonya, tapi kalo udah liat blog ini, jadi bener2 ga percaya...

    BalasHapus
  39. baru aja gw ini dapet . pagi ini .. terejut setengah mati .tapi juga ketawa sampe guling" ...

    BalasHapus
  40. Walah hari ini masih aja ada yang cari duit nggak halal kayak gitu... usaha dong mas, kalau takut hidup miskin kelaut aja lho...

    BalasHapus
  41. Gila q ketipu hari ini dan ini nomer kapoldax 082230060505 dtelpon g dangkat uang 1jt lenyap padahal uang itu minyijem g taux malah ketipu

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)