Minggu, 14 Juni 2009

kartuAs punyaku error! (Tak bisa GPRS)


Sekitar sebulan yang lalu aku mengalami hal yang cukup mengganggu. Lumayan penting juga sih buat aku. Kartu hapeku error. Error kenapa, kartuku ga bisa dipakai buat internetan lagi. Ga tau kenapa, yang jelas saat itu bila aku nyoba koneksikan internet di hape yang ada malah koneksi gagal. Sama hapenya disuruh periksa settingannya dan kalau masih gagal hubungi operatornya. Tentu saja bikin aku jadi bingung karena sebelumnya ga ada masalah apa-apa. Dan juga aku ga merasa merubah settingannya. Kupikir operatornya ada gangguan tapi tak terbukti. Lalu daripada penasaran akhirnya kucoba pakai kartu dari operator lain. Kalau sebelumnya aku pakai kartuAs, kali ini aku coba pakai IM3. Bela-belain beli kartu perdana baru karena penasaran. Tapi apa yang terjadi, pas kucoba pakai tu kartu baru dan settingannya udah diubah ternyata masih ga bisa konek juga internetnya. Duh...kenapa ya?

Sudah kucoba beberapa kartu tapi ga konek juga akupun berpikir jangan-jangan hapeku yang rusak. Haduh...jadi gelisah nih. Masa harus beli hape baru lagi. Belinya sih ga masalah tapi uangnya itu yang ga ada! Tapi aku tak buru-buru menyimpulkan hapeku error. Kucoba nyolokin hapeku ke laptop. Bila laptopnya masih mendeteksi hapeku sebagai modem berarti hapeku ga masalah. Dan ternyata, hapeku ga masalah. Laptopnya masih mendeteksinya sebagai modem. Berarti sah lah sudah kartu hapeku yang error. Tapi yang bingungnya kenapa sudah pakai segala macam merek kartu internetnya ga bisa konek. Dan lebih dari itu, hapeku juga ga bisa mengirim sms. Selalu saja pengiriman gagal dan juga bila nerima sms seringnya ga bisa dibuka, apalagi dari nomor yang tidak dikenal (bukan nomor di phonebook) pasti smsnya ga bisa aku baca. Wah...semakin meresahkan aja nih hape. Trus dapat saran dari teman, disuruhnya aku ngecek tu hape karena bisa saja kalau masalahnya begitu hapenya kena virus atau apa. Akhirnya kuturuti saja, kucoba men-scan hapeku dengan antivirus Avast dan ternyata...benar! tu hape berhasil dideteksi dan udah terjangkit beberapa virus. Pantasan! Setelah discan dan dibunuhi virusnya akhirnya setelah dimatiin semalaman hapeku sudah nampak normal kembali, udah bisa ngirim dan nerima sms =) Baru nyadar hapeku kena virus gara-gara aku nekat nyolok hape langsung di warnet. Kemarin memang ga sabar pengen upload foto ke facebook. Padahal tahu aja kalau diwarnet tu sumbernya berbagai macam virus. Huh, jera dah nyolok hape langsung di pc nya warnet.

Udah senang bisa ngirim sms tapi ternyata masalahnya ga brenti disitu. Hapeku masih saja ga bisa dipakai buat internet dengan kartuAs ku. Masalahnya selalu sama, koneksi gagal! Tapi kali ini Cuma kartuAs ku saja yang ga bisa dipakai. Coba pakai kartu lain sudah bisa. Duh...ada apa lagi nih? Akupun berpikir mungkin kartu hapenya masih terjangkit virus. Tapi bagaimana? Kalau hape masih bisa di scan, kalau kartu hape bagaimana bisa discan. Akhirnya aku pasrah, jadilah kalau aku mau internetan lewat hape harus ganti kartu dulu. Aku pakai simPATI aja karena untuk urusan internet di hape telkomsel menurutku masih ga terkalahkan dalam hal aksesnya yang lumayan cepat dari pada yang lain. Dan masalahnya adalah aku ini selalu ngenet dihape tiap saat. Buat ngecek facebook atau baca-baca berita di detik memang kuandalkan pakai hape. Jadilah seringkali nomer hapeku sering tak aktif. Mau bagaimana lagi karena punya hape Cuma satu biji. Teman-teman dan keluargaku jadinya pada protes karena hapeku sering tak aktif gara-gara aku internetan pakai kartu yang lain. Lama-lama aku jadi ga enak juga. Satu-satunya jalan adalah mengganti kartuku yang error ini dengan kartu lain tapi dengan nomor yang sama.

Sebenarnya mudah aja kalau mau ganti kartu hape dengan nomor yang sama karena biayanya gratis. Yang bikin ribet adalah mengurusnya harus di Grapari dan ditempatku Cuma ada di banjarmasin. Jadi kebanjarmasin itu yang jadi masalah. Sedangkan dari senin hingga senin lagi aku sibuk terus =) Berbagai upaya dicari biar dapat solusi yang mudah. Kucoba googling buat nyari cara memperbaiki kartu hape yang error. Eh malah ketemu sebuah ide dari sebuah blog. Hmm...lumayan juga bila ditiru, akhirnya kucoba juga ngirim e-mail ke customer servicenya telkomsel buat nyari solusi. Dalam email itu kutulis kalau saja kartu yang error itu dikirim lewat pos atau pakai jasa pengiriman aku lebih baik memilih itu. Malam aku ngirim e-mail paginya sudah ada balasan. Tapi balasannya aneh, ga nyambung! Masa aku disuruh meregistrasikan kartu hape lagi. Padahal itu nomor hape udah kupakai lebih dari tiga tahun. Kucoba lagi ngirim e-mail yang kedua kalinya dan apa jawabannya? Ternyata isi e-mailnya sama persis dengan e-mail yang pertama. Buset dah, operatornya ternyata main kopas aja. Dan sudahlah, akupun akhirnya pasrah. Mungkin lain kali bila ada kesempatan atau waktu luang mungkin baru bisa ngurus ni kartu di Grapari.

Tersiksa juga aku kalau begini terus. Gonta-ganti kartu hape takutnya hapeku tambah error. Dan lain cerita, karena trauma hape kena virus lagi bila aku mau ganti MP3 atau mindah foto ke laptop, aku selalu menscan hapeku dengan antivirus. Begitu terus sampai suatu saat ada ‘keajaiban’. Suatu hari aku coba ngonekin internet pakai kartuku yang error. Dalam hati aku berpikir, halah...palingan sambungan gagal lagi. Tapi ternyata tidak, bola dunia tanda hapeku tersambung ke internet ternyata muncul! Wah senangnya, serasa mau sujud syukur hehehe... kucoba sekali lagi ternyata memang sudah benar-benar bisa. Ga masalah lagi. Selamat dah =) Akupun berpikir mungkin keseringan kuscan pakai antivirus kali yaaa jadi virus yang kucurigai menjangkit dikartu hapeku bisa lenyap. Nah, bila ada yang pernah mengalami yang seperti ini saranku sabar aja ya... kalau memang susah minta pergantian kartu baiknya sering-sering aja menscan hape pakai antivirus. Mungkin secara tak terduga bisa aja kartu yang error bisa kembali pulih.
Tapi bagaimana jika bukan karena selalu discan pakai antivirus?
Maksudnya normal sendiri gitu ya? Nah, Wallahualam deh hehehe... Yang penting ada usaha =)

1 komentar:

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)