Jumat, 30 Oktober 2009

Hidup Jadi Berwarna

Tema untuk blog aku memang kutuliskan “Dengan melihat, mengenang dan memikirkan kubuat hidupku jadi berwarna.” Nah, suatu waktu aku pernah mengupdate status di fesbuk dengan tulisan demikian. Akhirnya aku pun mendapat tanggapan dan komentar yang bermacam-macam yang pada intinya mereka teman-temanku yang ngasih komentar bertanya-tanya “Apa sih maksudnya?” Aku tidak langsung menjawab tapi aku bilang ini akan aku tuliskan jawabanku dalam sebuah tulisan di blog. Udah lama, tapi baru sekarang tertuliskan :)

Dan pada awalnya begini, sebagai seseorang yang beraktifitas setiap hari aku rasa aku mempunyai sebuah hidup yang membosankan. Pagi aku memulai dan sore aku mengakhiri, begitu terus setiap hari hingga aku merasa tak punya kehidupan sebagai mana mestinya. Berkutat dengan hal yang itu-itu saja siapapun ga akan tahan. Tapi mau bagaimana karena hidup memang butuh yang namanya biaya, ya ga? Dengan rutinitas yang begitu-begitu saja setiap hari kalau dipikir-pikir jarang sekali ada pengalaman baru yang didapat. Yang dilihat ya yang itu-itu saja, ga ada yang berbeda tiap harinya. Dan apa bisa didapat dari semua itu, hanya kebosanan aja menurutku. Pengen juga rasanya merasakan petualangan yang membuat hidup lebih seru tapi bagaimana mungkin, petualangan kesana-kemari memangnya ada yang bayar kita? Dan sampai aku tiba pada sebuah pemikiran, memperhatikan orang yang lalu lalang, apa yang terjadi pada hari-hari yang dijalani, pokoknya semua hal yang terjadi hari itu kenapa tidak sedikit dipikirkan. Padahal banyak yang bisa diambil sedikit hikmah dari semuanya. Dan tentunya bisa sedikit membuat berwarna terhadap hari-hari yang dilalui. Dan akupun akhirnya mencoba meringkas sedikit pemikiranku dengan kata “Dengan melihat, mengenang dan memikirkan kubuat hidupku jadi berwarna”.

Melihat. Kadang apa yang kulihat terkadang aku anggap biasa-biasa saja. Ga ada sesuatu apa-apa. Tapi kalau dikenang-kenang, disangkut pautkan dengan apa saja yang sekiranya pernah kita rasakan sama sebelumnya seperti apa yang kita lihat, lalu kita sedikit memikirkan dan akhirnya kita bisa menarik sebuah rangkuman ataupun kesimpulan dari apa yang kita lihat dan pikirkan ternyata bisa menjadi sesuatu yang menarik. Dan dengan sedikit kemampuan, kita tuliskan apa yang kita sudah pikirkan tadi ternyata hasilnya bisa luar biasa. Belum mengerti? Contohnya begini, kita melihat ada seorang pemulung yang lewat. Dilihat sekilas apalah artinya itu. Toh kita juga sering melihat orang seperti dia. Tapi kalau mau sedikit mengenang, lihatlah kehidupan pemulung itu. Setiap hari dia mengais dari satu tumpukan sampah ke yang lainnya demi mencari rezeki dan bandingkanlah dengan kita yang hidup lebih beruntung daripada dia. Kemudian cobalah pikirkan, betapa kita ini lebih beruntung. Kita bisa hidup enak atau apa sajalah hingga tak perlu bagi kita untuk mengais sampah. Dan cobalah ambil sedikit kesimpulan dari apa yang sudah kita lihat, kita mengenang dan pikirkan tadi. Kalau mau ditulis bisa saja malah menjadi suatu tulisan yang menarik bahkan bisa menjadi luar biasa. Ya ga? Dan dengan cara inilah kita buat hidup kiat yang menurut istilahku menjadi lebih berwarna. Hari-hari yang kita lewati dengan hal-hal itu saja yang membuat seakan kehidupan itu terasa abu-abu dan dengan mencoba cara tadi ternyata bisa lebih mewarnai hidup kita. Kita bisa mengambil sebuah inspirasi dari apa yang sekedar kita lihat.

Jadi buat teman-teman yang penasaran tentang arti kata tadi kira-kira beginilah maksud sekaligus jawabannya. Warnai hidupmu yang membosankan dengan lebih memperhatikan sekeliling kita. Kalau perlu, liat buah kelapa jatuh dari pohonnya pun bisa kita tuliskan menjadi sebuah tulisan yang inspiratif. Ga perlu jauh-jauh buat orang lain, inspirasi buat kita sendiri pun sudah cukup. Sadarilah bahwa ternyata banyak hal-hal yang bisa mewarnai hidup kita dari hal-hal kecil yang ada disekitar kita. Jadi bagaimana, siap mewarnai hidup kamu dengan hasil pikiranmu sendiri? Aku sendiri pun terus mencoba belajar untuk itu teman :)

2 komentar:

  1. dengan blog, hidup saya juga jadi lebih berwarna (baca : bersemangat)

    BalasHapus
  2. @wira
    Serasa punya dunia dan kekuasaan yang baru kalo ngeblog tu, gitu yang mas? :)

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)