Sabtu, 31 Januari 2009

Waspada Sama Orang yang Tak diKenal

Kemarin malam ada 2 cwe asing yang mondar-mandir di jalan dimana aku kerja. Kata temanku sih cwe-cwe itu mulai sorenya udah ada. Tapi karena cwe itu dikira kerja diwarung yang ada ga jauh dari tempat kerjaan kami jadi ya ga merasa curiga apa-apa.
Nah, sampai malam sekitar jam 9an ternyata cwe itu masih aja mondar mandir ga jelas. Pas aku pulang, aku ga langsung ke rumah tapi singgah dulu ke warnet seberang. Sampai disana aku ditanya sama penjaga warnet,
"Itu cwe, siapa?" tanyanya
Ya kubilang ga tahu. Palingan cwe yang kerja diwarung jawabku.
Ternyata dugaanku salah. Kata penjaga warnet yang tadi sempat ngomong sama merka, mereka mengaku dari banjarbaru dan di pelaihari ni statusnya nyasar. Mereka juga dari tadi mondar mandir mau nyari tumpangan buat menginap. Mau menginap di markas salah satu partai yang ada dekat sini ternyata orangnya ga mau. Trus mau nginap di warnet juga ditolak. Dan juga ditolak yang lain-lain, kebetulan di sekitarku ini emang banyak toko. Tapi tak satupun yang mau memberi tumpangan.

Sebenarnya agak kasian juga liat orang terlantar. Perempuan pula. Mungkin perasaan sama juga dirasakan ama yang lain-lain. Tapi rasa kasian berubah jadi curiga ketika melihat orangnya.
Bagaimana tidak? Itu cwe penampilannya berandalan banget. Kaya anak liar gitu. Ngomongnya nyerocos. Trus penjaga warnet bilang, mereka mau menginap tapi gaya-gaya mintanya malah kayak merayu gitu. Bagaimana ga curiga sama orang kayak gitu?
Putus asa ga dapat tumpangan, cwe2 tadi balik ke warnet. Tapi kami tanya-tanya dulu ada apa sebenarnya jadi sampai nyasar kesini. Trus mereka, dua orang cewek tadi, bercerita. Katanya mereka sama teman cowoknya diajak jalan-jalan. Nah, sampai disini ternyata mereka ditinggalin. Cwo yang ngajak tadi ga bertanggung jawab. Jadi mereka kebingungan mau kemana.
Setelah memerhatikan, menimbang, dan memutuskan penjaga warnet ga mau juga ngizinkan mereka menginap. Akhirnya cwe2 tadi pergi lagi ga tau kemana.

Sebenarnya ga tega juga. Tapi gimana? Alasannya cwe itu ga jelas asalnya, trus ngeliat penampilan berandalnya yang bikin curiga, dan juga mereka meminta tolongnya agak-agak merayu geto. Jadi bagaimana orang bisa kasian?

Jaman sekarang memang harus waspada sama orang yang tidak dikenal. Kita yang kasian eh malah kena tipuan. Soalnya aku ada pengalaman yang begini. Pengalaman tetanggaku aja sih. Tapi patut diketahui juga biar bisa waspada. Jadi, begini ceritanya...
Entah bagaimana ketemunya yang jelas tetanggaku ketemu ama seorang laki-laki. Dia ngakunya dari luar kota, dan ke pelaihari ini katanya mau nyari kerjaan. Dan dia minta tolong minta diizinkan numpang sementara belum mendapat kerjaan karena di pelaihari ini dia ga punya keluarga sama sekali. Tetanggaku tadi ya percaya aja sama orang itu dan diizinkanlah untuk tinggal sementara dirumah beliau. Kebetulan beliau disini juga tinggal sendiri, anak istrinya tinggal diluar kota.
Hari pertama tu orang yang numpang nampak baik-baik aja. Bahkan sempat membantu membersihkan halaman rumah tetanggaku. Karena baik jadi beliau juga tak curiga sama sekali.
Nah, dihari kedua baru ketahuan. Pagi-pagi orang itu sudah ga ada dirumah. Lalu munculah kecurigaan. Dan benar saja, pas di periksa ternyata handphone yang lagi di-charge sudah raib. Uang dilemari pun juga sama.
Dan barulah beliau merasa, yang numpang itu cuma alasan aja. Yang pastinya ya mau nyuri.

Jadi bagaimana menyikapi yang demikian. Sarannya cuma satu, jangan mudah percaya sama orang yang dikenal. Bila dia beralasan mau ikut menginap sebaiknya jangan mau. Seandainya memang kasian, mending beri uang aja suruh nginap di penginapan. Daripada beresiko, ya ga?

2 komentar:

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)