Kamis, 10 Desember 2009

Sebuah Kesimpulan dari Pertanyaan "Mengapa Laptopku Error Lagi?"


Entah sudah yang keberapa kali dalam tulisanku aku menyinggung tentang laptopku yang agak-agak bermasalah. Tapi demi sebuah penemuan yang bermanfaat aku rela menuliskannya kembali. Apa itu? Aku pernah bilang laptopku pernah bermasalah pada LCDnya. Pada bagian bawah layarnya muncul garis horizontal yang lebarnya sekitar 2-3 mm. berwarna pelangi dan berkedip-kedip. Waktu bulan ramadhan kemarin merupakan saat yang paling parah, garisnya tidak lagi berkedip melainkan muncul permanen. Hingga akhirnya mau tak mau aku harus menyerahkan laptopku ke pusat perbaikan ditempat aku membeli laptop dan mumpung masih dalam masa garansi. Meskipun garansi tapi jangan kira bisa servis gratisan ya. Dalam buku garansi hanya menjamin alat yang rusak untuk diganti, sementara biaya servis dan ongkos kirim ga gratis alias bayar juga. Tapi daripada menderita melihat laptop yang bertingkah ini mau ga mau harus mau deh membayar.

Sebulan lebih laptopku menginap sampai akhirnya aku ditelpon sama orang yang menangani servis bahwa laptopku sudah selesai diperbaiki. Laptopnya pun ku ambil dan Alhamdulillah ga ada lagi masalah LCD, semua beres. Lega rasanya akhirnya bisa pakai laptop ku lagi, aku bisa onlen lagi dan bikin tulisan buat blog lagi. Tapi kesenanganku ga begitu lama. Sekitar dua bulan aku pakai ternyata masalah yang sama kembali menggejala. Jantungku pun serasa kembali dag dig dug, haruskah aku menservis kembali? Aku sebenarnya muales banget harus bolak-balik nyervis laptop. Aku pun mulai hambar mainin laptopku dan selama beberapa hari aku ga pernah nyalain laptop lagi. Trus suatu ketika adikku iseng-iseng minjam laptopku buat ngetik ternyata ada sebuah kejutan, garisnya hilang! Wah, aku tentu saja senang ngeliatnya. Akhirnya aku berpikir, kok bisa hilang ya? Kenapa? Akupun mulai mencari-cari penyebabnya sampai aku menemukan sebuah alasan yang tepat. Aku beberapa hari ga pernah online di laptop! Aha, inilah dia yang kurasa tepat :D

Apa hubungan antara laptop dan online versi aku. Jadi begini, sebagai onliners yang kere aku masih ga punya yang lebih buat beli modem USB. Lama bener udah niatan mau beli tapi uangnya habis selalu dan entah kemana (Mungkin karena sering makan malam diluar kali ya?). Dan yang jadi andalan aku buat internetan adalah handphone ku sendiri yang kujadiin modem. Jadi tiap kali aku mau online tinggal colokin hape ke laptop, jadi deh. Jadi pas online antara hape dan laptop ku otomatis berdekatan. Aku teringat dengan petuah seorang teman, temanku itu pernah bilang bahwa jangan mendekatkan hape ke computer. Menurutnya radiasi sinyal hape bisa merusak computer atau laptop. Kukira hanya teori dia, eh ternyata menurutku dia benar. Duh, katro banget rupanya aku ini hehehe…

Dan sekarang bila aku ingin nyolokin hape sebagai modem di laptop aku selalu menjauhkan hape dari laptopnya kurang lebih sekitar satu meteran gitu. Lagipula kabel data yang bawaan dari hape lumayaan panjang. Jadi bisa saja diulur lebih jauh daripada laptop. Hasilnya? Sekarang aku kembali online dengan tenang dan laptopku sudah ga mengeluarkan garis kedip-kedip yang menjengkelkan lagi. Jadi kesimpulannya:
- SINYAL HAPE EMANG BISA MERUSAK KOMPONEN KOMPI/LAPPI
- YANG SERING MEMAKAI HAPE SEBAGAI MODEM JANGAN DEKATKAN HAPE DENGAN KOMPI/LAPPI. Kalau aku begini, laptop diatas meja sementara hapenya kuletakkan di lantai. Lumayan jauh kan?
Kukira itu dulu deh kesimpulannya. Meski ada lagi beberapa hal yang kucurigai sebagai penyebab bermasalahnya LCD laptopku. Antara lain engsel laptopku yang kurang kokoh sehingga layar lappinya mudah bergoyang bila kena getaran dan kalau hasil pencarianku di google sih bila LCD bermasalah seperti yang terjadi pada laptopku katanya kabel pada engselnya terganggu. Tapi aku memilih kesimpulan dari sinyal hape tadi saja. Karena ketika pas online aku letakkan jauh dari laptop hapenya ternyata masalah itu ga muncul lagi. Nah, bagaimana dengan kalian yang mungkin pernah bermasalah pada LCD laptopnya. Ayo dong sharing ke aku, biar aku ga katro lagi tentang masalah hardware di kompi/lappi :)

5 komentar:

  1. he3x... tu die suka duka nya pake laptop bos! bisa jadi itu penyebab lcd laptop ente jadi rusak... kemungkinan lain...? bentuk laptop mengingatkan kita dengan handphone model clamshell (model kerang) yang untuk tipe-tipe lama biasanya mudah rusak gara-gara keseringan di buka tutup, ujar urang ponsel flexibel nya lakas rusak. jadi musti baik-baik kalo mau buka tutup, jangan kasar.

    soal handphone di jadikan modem... sekali-kali tidak masalah... biasanya masalah yang timbul justru pada batere handphone. ideal nya untuk laptop tu main nya pake wifi.. karena umumnya gratisan.. he3x.. cuma di pelaihari nyari hotspot masih sedikit. enak nya memang punya modem usb sendiri.. bisa sekarep dewe mau online diman aja, selama ada jaringan. kalo mau murah dapet modem usb... sekarang neh waktu yang tepat! mau natal dan tahun baru biasanya banyak yang cuci gudang dan diskon gila-gila an.

    BalasHapus
  2. Waduhhh... Terimakasih atas penjelasan panjang lebarnya. Oke dah, mulai sekarang mau di sayang-sayangi dikit laptopnya. Emang, nampaknya sering buka tutup ga jelas ni laptop :)

    BalasHapus
  3. kayak nya ada beneR nya tu...
    mungkin tegangan listrik yg ga stabil jg bs jadi penYEbab case kyk gtu..
    punya q jg gtu.. mau servis.. pasti nunggu luuaama, n secara cman pnya laptop satu aja.. bakal klabakan ama kerjaan semua..

    BalasHapus
  4. oiya nambahin lagi... plus..
    gue kan naek motor tuh.. mungkin keseringan dapat goyangan dari jalanan juga kale y.. mengingat lapiE nTu kan Rentan ama goyang mEnggoyang gtu..
    meski kita pake tas khusus lapiE.. mending kita kencengin aja tali tas kita biar tas trsbut nempel langsung di badan kita (meminimalisir goyangan ato getaran)
    tp bDw lama banget 1 bulan servis nya bro ???

    BalasHapus
  5. @balasbudi88
    Hai Budi, makasih atas komentarnya. Dan laptoku alhamdulillah udah beres. Agak cepet yang kedua ini servisnya. Cuma 3 minggu. Sedikit berbeda pas setelah diservis. Engsel laptopnya agak kencang daripada kemarin. Yang kemarin itu juga manfaatin sisa garansi. Yah, mudahan lapotopnya ga rewel lagi :)

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)