Jumat, 18 Desember 2009

Tentang Tahun Baru Hijriah 1431 H


Malam ini malam dimulainya hari baru dalam perkalenderan islam. Hari pertama di tahun hijriah alias tanggal satu muharram. Wah, ga kerasa yah? Rasa baru kemarin kita idul fitrian, trus ga kerasa juga sampai pada idul adha, dan eh, udah tahun baru lagi. Hari begitu saja berlalu, tinggal kita saja yang menanyai diri sendiri. Apakah kita sudah ada melakukan perubahan? Sebuah kalimat yang sering diucapkan orang bila dipaksa harus bijaksana biasanya adalah “Hari ini harus lebih baik dari hari esok” Kalimat yang memang mudah diucapkan tapi kenyataannya kita memang tidak bisa melakukan perubahan setiap hari. Tanya, ada ga yang bisa melakukan suatu perubahan setiap hari dan lebih baik? Menurut aku sendiri sih tidak selalu. Bukan berarti ini suatu sikap pesimis tapi yang patut dihargai dalam suatu tindakan melakukan perubahan adalah usaha dan kerja kerasnya. Ya ga? :)

Dimulai dari sholat asharnya, aku coba berbagi ‘peringatan’ di twitter bahwa jangan lupa buat berdoa dalam menutup tahun ini. Yah, sekali-sekali lah ngetweet yang mengajak kebaikan. Udah puas tiap hari ngomong omes melulu ama teman-teman twitter haha… Secara memang sudah ada yang pesan juga lewat DM minta diingatin pas tahun baru hijriah. Aku ya oke-oke aja, meski ga dibayar :D Dan setelah mengingatkan biar ga lupa semua buat berdoa setelah ashar, aku juga siap-siap mau ke mesjid. Kebetulan di mesjid ngadain sholat sunat berjamaah. Bukan kebetulan juga, tapi emang diadain buat menyambut tahun baru hijriah. Yah, daripada malam jumat ga jelas dirumah atau melongo mending ikutan nyari pahala. Lumayan menurut aku buat mengencangkan ‘baut dan mur’ iman yang longgar :)

Dan magrib tiba, itu berarti tahun baru sudah dimulai. Dimulai dengan sholat magrib berjamaah trus dilanjutkan dengan sholat hajat dan sholat tasbih. Diakhiri dengan sholat isya berjamaah, akhirnya Alhamdulillah tahun baru ini telah diawali dengan sesuatu yang baik. Dengan berdoa dalam hati aku memohon semoga tahun baru ini bisa lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Selalu mendapatkan kemudahan dari Yang Maha Kuasa untuk mencapai dan meraih keinginan. Agak terharu juga tadi, untuk seseorang yang punya banyak keinginan tapi belum terkabul, berdoa disaat seperti tadi terasa begitu mengharukan. Antara keinginan yang teramat besar dengan usaha apa nanti yang mau dilakukan. Apakah antara keduanya bisa beriringan atau bagaimana tentu itu kembali pada kita sendiri.

Akhirnya, selamat tahun baru 1431 H. buat semua-semuanya semoga tahun ini kita bisa lebih baik. Segala kemudahan untuk mencapai harapan dan cita-cita diberikan Allah, rezeki yang lapang dan barokah semoga mudah didapat, dan kesehatan yang selalu berpihak pada kita. Apa lagi? Banyak juga harapan-harapannya. Tapi intinya begini aja, mudahan kita selalu mendapat kebaikan di dunia dan akhirat. Amin. That’s all :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)