Selasa, 29 Desember 2009

Twitter Attitude

Tulisan tentang cara main twitter yang pernah aku tulis sebelumnya ternyata mendapat sambutan yang lumayan hangat. Banyak yang reply dan follow aku di @ofecc untuk minta keterangan yang lebih lengkap. Awalnya sih senang aja karena bisa bantu. Mereka yang minta difollow balik pun dengan senang hati aku ladeni. Tapi sekarang agak jadi masalah juga. Ternyata ada hal-hal di twitter yang ternyata bisa mengganggu kita sendiri. Gangguan datang dari orang yang kita follow ternyata. Apakah itu?

Pertama, ReTweet atau RT yang berlebihan. RT memang bagus dan fungsinya juga sekaligus ngingatin kita tentang apa yang direply sebelumnya. Tapi ketika RT sudah kebanyakan apa yang terjadi? Timeline ternyata penuh dengan isi tweet yang ga penting. Padahal kita mengaharapkan kita membaca tweet dari orang-orang yang kita follow selain dia. Ga mau yang itu-itu aja orangnya, ya ga?

Kedua, cara menulis tweet yang seenak jidat. GmNa g4 ngeselind c0b4 k4laU Ada Yg NuLis tWeeT KeK giniy? Halo… yang kuketahui twitter adalah layanan blog singkat. Tulislah yang rapi buat blog anda. Setidaknya mampu dibaca dengan baik tanpa harus mengerutkan dahi. Aku saja jadi males ngereply tweet orang yang seperti ini. Negur orangnya juga ga enak. Jadi terkadang dipasrahkan saja, atau bila udah ga tahan langsung diunfollow.

Ketiga, bersikaplah yang baik di twitter. Mentang-mentang akun sendiri lalu seenak hati menulis hal-hal yang ga sopan. Sumpah serapah macam anjing, babi, tai, bangsat, jahannam, mampus dan lain sebagainya apa untungnya? Hanya menggambarkan sebuah attitude buruk di mata orang yang memfollow kita. Meski emosi yaaa ditahan sajalah. Liat deh kasus si Luna Maya yang karena mulut badan binasa. Meski karena sebab akibat yang mungkin membuat dia sangat emosi tetap aja orang menyorot dia dengan tatapan ga baik. Biar udah minta maaf pun tetap aja orang ingat tweet sumpah serapahnya. Jadi jangan terulang lagi deh hal yang begini meski kita bukan seorang artis.

Trus apalagi ya? Banyak sih sebenarnya tapi yang bisa diingat Cuma yang tiga itu aja. Tapi menurutku itu yang penting. Lalu bagaimana supaya bisa ngetweet yang baik? Coba deh follow orang yang pinter ngomong macam penulis, sutradara, blogger (blogger yang baik tapinya karena kadang ada juga blogger asal-asalan), dan orang-orang yang baik. Tweet mereka kadang banyak guna dan mengandung banyak ilmu daripada tweet artis yang ga penting banget dibaca. Trus sebelum memfollow orang liat dulu deh satu atau dua halaman profilnya, perhatikan tweetnya apakah kerjaannya hanya ngeRT yang ga penting atau hanya bersumpah serapah atau gimana. Penting tuh, biar ga mengganggu timeline kita. Pas sudah memfollow ajaklah berkomunikasi dengan orangnya biar rame, tulis reply buat orangnya sepatah dua patah kata aja buat perkenalan. Ga dibalas juga ga apa-apa yang penting kita sudah bermaksud baik. Kadang ditemui juga lho orang yang rajin membalas reply jadi komunikasi jadi lebih seru.

Itu dulu deh tips ngetweetnya. Karena sekarang ngetweet emang lagi seru menurutku. Kabar-kabar penting bisa sangat cepat beredar dari tweet ke tweet. Ilmu bermanfaat juga bisa didapat dengan memfollow akun-akun yang menulis tentang ilmu pengetahuan, berita, tips menulis, tips menyanyi dan lain-lain. Jadi selama kita membuat nyaman tweet kita, kita juga nyaman dengan tweet-tweet yang kita follow atau follower kita. Komunikasi juga lebih seru. Seru daripada smsan loh ya twitter ini hehehe… Reply-replyan dengan teman dan tidak kebanyakan ngeRT membuat kita jadi lebih akrab. Ini benar terjadi loh, ada orang yang didunia nyata cuek-cuek malu-malu tapi pas ditwitter malah asyik ternyata :D Jadi setujukah ngetweet itu asyik? Bila setuju mari kita ngetweet dan tetap dijaga attitude kita di dunia maya ini.

4 komentar:

  1. These are actually great ideas in about blogging. You
    have touched some pleasant points here. Any way keep
    up wrinting.
    My webpage ... Fast Loans

    BalasHapus
  2. I'll right away take hold of your rss as I can't find your e-mail subscription link or e-newsletter service.

    Do you have any? Please permit me recognize so that I could
    subscribe. Thanks.
    My web-site http://recreoanacronista.Wordpress.com/2009/08/02/el-cid-en-miniaturas-14-presentacion/

    BalasHapus
  3. I truly love your blog.. Very nice colors & theme. Did you create this amazing site yourself?

    Please reply back as I'm trying to create my very own site and would like to know where you got this from or exactly what the theme is named. Thanks!
    My web blog ... Www.Vedharma.De

    BalasHapus
  4. I drop a leave a response each time I especially enjoy a post on a blog or I have something
    to valuable to contribute to the conversation.
    It's triggered by the passion displayed in the post I looked at. And on this post "Twitter Attitude". I was moved enough to post a thought ;) I do have a couple of questions for you if it's allright.
    Is it just me or does it look as if like some of the responses come across like written
    by brain dead people? :-P And, if you are writing at additional social sites, I would
    like to follow you. Could you list all of your shared pages like your Facebook page,
    twitter feed, or linkedin profile?

    My blog post Buylikes365.co.uk

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)