Rabu, 19 Agustus 2009

Marhaban Yaa Ramadhan


Dan tidak terasa tinggal dua hari saja lagi kita yang umat muslim tiba di bulan yang penuh berkah, bulan ramadhan. Bagaimana? Sudah siapkah kita menyambutnya? Karena bulan ini bukan bulan biasa jadi kita harus menyambutnya secara istimewa. Beberapa persiapan pernah disinggung pas nisfu syaban kemarin. Trus apa lagi? Dengan perbanyak ibadah itu sudah pasti, tapi awali dulu dengan propertinya. Segala keperluan untuk ibadah seperti sarung, sajadah, baju koko, mukena dll pastikan udah bersih dan wangi. Jangan lupa juga beli sendal jepit buat yang belum punya. Penting tuh bro buat tarawihan di mesjid atau langgar entar. Karena tahu sendiri lah, biar pun namanya mesjid tapi kalau ada orang yang berhati kotor tetap aja mesjid jadi tempat yang rawan buat sendal-sendal kita yang bagus. Para manusia bernafsu setan itu tega aja buat ambil kesempatan nyuri sendal jamaah mesjid. Dan jujur aja, selama dua tahun berturut-turut ini saya selalu jadi korbannya. Padahal sendal saya ga bagus-bagus amat Cuma sering saya cuci jadi nampak selalu baru dan mungkin mengundang para maling itu buat naksir sendal saya. Dan selain sendal, perhatikan juga AlQuran buat tadarussan. Masih layak baca atau tidak. Kalau udah sobek-sobek mendingan ganti aja. Daripada kita malah susah bacanya. Syukurlah orang dirumah saya beli AlQuran baru. Jadi rasa semangat buat tadarussan =)

Dan tubuh juga harus disiapin seprima mungkin. Jangan sampai sakit-sakitan. Rugi kalau bulan puasa sampai sakit, ya ga? Disayangkan kalau puasa kita jadi bolong karena sesuatu yang kita dapat cegah. Jadi jangan lupa siapkan multivitamin. Yang murah-murah aja, tapi terbukti. Banyak kok vitamin-vitamin sachetan yang dijual ditoko terdekat. Dengan tubuh yang fit tentunya kita berpuasa nanti tak terlalu kepayahan, ga lemes. Dan tarawihan pas malam harinya juga ga ngantuk dan tetap semangat. Ambil yang 23 rakaat oke aja hehehe… Trus kita juga harus waspada terhadap godaan-godaan yang bisa bikin kita kurang maksimal mendulang pahala. Apa aja? Tentunya hal yang kita kurang sadari tapi sebenarnya ini lumayan mengganggu. Salah satunya adalah godaan layanan operator selular. Biasanya di bulan ramadhan mereka mengadakan promo yang aneh-aneh. Nelpon gratis malam hari lah, sms gratis sampai subuh lah dan banyak lagi yang lainnya yang menggoda kita untuk menggunakan layanan tersebut. Tanpa kita sadari akhirnya kita bela-belain buat manfaatin tu promo, nelpon sama ehem sampai waktu sahur hampir tiba, atau juga asik smsan ama teman ditengah malam buta, atau lagi main missedcall ama teman dengan alasan membangunin pas waktu sahur. Pokoknya ada-ada aja lah kerjaan kita yang sebenarnya bikin kita rugi. Kita hanya buang-buang energi dengan melakukan hal yang begitu, misalkan telpon-telponan ditengah malam alangkah baiknya lebih baik kita ngerjain sholat tahajjud misalnya. Atau daripada smsan yang ga jelas mending kita bantu-bantu orang rumah nyiapin menu sahur, ya ga? Selain bermanfaat tentunya bisa nambah pahala kita juga.

Beres-beres alat sholat udah. Waspada terhadap godaan operator selular juga ditingkatkan. Trus apa lagi ya? Hmmm… ada beberapa anjuran ala blog ofecc ni biar ramadhan kamu makin berasa. Salah satunya adalah memperbanyak lagi list lagu di hape atau alat pemutar musik kamu dengan lagu religi. Ga usah yang berat-berat seperti lagu-lagu berbahasa arab yang tidak kita mengerti. Cukup lagu-lagunya Opick misalnya. Atau lagu-lagu religi yang lain yang membuat kita pengen mendengarkan terus karena kita suka musiknya seperti lagunya GIGI dll. Saya jamin dengan mendengarkan lagu-lagu religi seperti yang saya sebut tadi maka ramadhan kamu makin berasa. Coba saja kalau tidak percaya. Nah, ini adalah salah satu tipsnya, dan salah lainnya? Entar aja deh saya tulisnya, kan belum ramadhan. Masih dua hari lagi kan? =)

Akhirnya, marhaban ya ramadhan. Selamat datang bulan suci ramadhan. Mari kita sambut bulan ini dengan penuh suka cita. Karena sebaik-baiknya seseorang dari kita adalah orang yang menyambut ramadhan dengan suka cita. Ga tau ni kata dari hadits atau apa. Yang jelas rasanya pernah mendengar penceramah bilang begitu =) Dan suka citanya pun bukan berarti suka suka aja. Tapi juga mengisi ramadhan nanti dengan memperbanyak amal ibadah. Beribadah dengan ikhlas bukan karena mau ini dan itu. Percayalah, Allah maha tahu apa yang kita mau. Dan tulisan ini bukan maksud menggurui loh ya. Atau dibilang sok tau. Ini Cuma bagian dari menasehati diri sendiri dan siapa tahu juga bermanfaat buat yang lain. Salam.

4 komentar:

  1. salam bahagia, mas offec...marhaban ya Ramadhan. Semoga kita diberi kekuatan untuk menjalaninya dengan tulus dan ikhlas

    BalasHapus
  2. @pakwo
    Salam bahagia juga. Mudahan amal kita diterima Allah berkat tulus dan ikhlas.

    BalasHapus
  3. temen2 muslim, selamat berpuasa, semoga damai selalu :-)

    BalasHapus
  4. Selamat menunaikan ibadah puasa..
    buka boleh sambil online, asal jangan tarawih ja sambil online :D

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)