Jumat, 21 Agustus 2009

Puasa Pertama dan Pasar Wadai

Tiba juga akhirnya hari yang ditunggu-tunggu. Hari pertama puasa. Dan tentunya di awali dengan tarawih perdana di masjid. Suasana berbeda bakal terjadi tiap malam dalam sebulan ini. Jika biasanya kalau habis magrib Cuma nyantai aja dirumah, kali ini tak bisa lagi begitu. Habis magrib harus siap-siap lagi berangkat ke mesjid buat sholat tarawih berjamaah. Dan sebelumnya saya juga sudah survey terdahulu mesjid mana yang kiranya dipilih. Yang jelas kalau tarawihannya Cuma yang 11 rakaat aku kurang memilih. Karena bulan ramadhan aku sukanya yang bisa buat berlama-lama di mesjid. Jadi aku pilih sholat di mesjid Syuhada, sholatnya 23 rakaat dan juga ayat dalam sholatnya tiap malam satu juz AlQuran jadi lumayan agak lama dibanding sholat di mesjid lainnya. Sip dah. Sengaja pilih yang lama buat pembalasan dendam ramadhan tahun kemarin yang aku nilai sebagai ramadhan terkacau yang pernah kujalani. Kacau gimana? Kacaunya antaranya tarawihnya yang ga total, sering ketiduran di mesjid. Trus sholat subuhnya pun sering hampir kesiangan dll. Jadi bagaimana mau kejar pahala kalau begitu. Jadi tahun ini berjanji dan berusaha buat melakukan yang lebih baik.

Persiapan udah matang. Segalanya sudah dirasa cukup eh hari pertama puasa malah sakit. Yah… merusak persiapan aja nih. Sakit demam biasa aja sih tapi lumayan menganggu dan bikin lemas dan ga bertenaga. Sakitnya ini hasil dari penularan orang-orang rumah yang hampir seluruh orang rumah gantian sakitnya. Di tempat aktifitas ku juga. Teman-temanku semuanya pada sakit. Jadi gimana ga ketularan? Padahal sudah membentengi diri dengan minum vitamin C dosis tinggi sebagaimana yang dikatakan iklan-iklan di tipi. Dan ketika aku merasa ada gejala terjangkit pun minum vitaminnya kutingkatkan lagi dosisnya hingga dua kali lipat tapi tetap aja ga tahan dan ambruk juga. Sialan dah. Tapi hari pertama bulan puasa aku paksa juga ikutan tarawih karena aku merasa rugi bila ketinggalan. Dengan kepala pusing teramat sangat aku coba ikutan sholat dan di mesjid aku sebisa mungkin menghindari tempat yang dekat dengan kipas angin dan AC karena saat badan lagi demam kalau kena yang dingin-dingin dijamin dah bakalan menggigil brrr… untungnya tarawih pertama kujalani dengan sukses meski bersusah payah nahan kepala yang sakit serasa mau pecah.

Dan sahur perdana pun juga ga kalah memusingkan. Bagaimana ga pusing, liat makanan pun ga ada selera sama sekali padahal besoknya harus puasa. Ga mungkin ga puasa karena merasa rugi aja bila sampai ketinggalan satu hari pun berpuasa di bulan ramadhan ini. Dan akhirnya aku pun memaksa diri lagi buat makan walau hanya sedikit. Dan benar saja di sahur perdana makanku Cuma ala kadarnya trus minum obat dan minum air putih yang kuperbanyak. Trus berdoa semoga puasa ini bisa kuat sampai bedug magrib entar. Dan siangnya akupun hanya bisa terbaring ga berdaya sambil puasa. Ditawari orang rumah sih sebenarnya kalo ga tahan ya berbuka aja. Tapi aku tetap maksa bertahan karena aku merasa riwayat puasaku yang selalu tunai sebulan penuh sejak kelas 2 sekolah dasar jadi ‘ternoda’ hanya karena aku sakit. Bener lo, dari kelas dua sekolah dasar puasaku selalu tunai. Karena dalam puasa aku memang ga pernah mudah tergoda kalau hanya liat-liat makanan enak. Puasa ya puasa. Ga pernah berpikir buat batal-batalan =) Dan syukurlah aku hari itu sanggup aja nahan diri. Sampai tiba waktu sore, tentunya ga pernah ketinggalan untuk berkunjung ke pasar wadai ramadhan. Pasar yang hanya di bulan ramadhan ini khusus menjual kue-kue dan minuman serta makanan buat orang berbuka nanti. Kuenya pun termasuk langka, kalau tidak di bulan ramadhan susah mencari kue semacam bingka, hamparan tatak, teja, putri selat dll. Jadi biarpun sakit aku tetap bela-belain untuk berkunjung ke pasar untuk beli satu dua potong kue-kue langka tadi.
Suasana pasar Wadai

Wadai (kue) Ramadhan

Dan akhirnya hari pertama puasa cukup sukses kujalani. Sakit pun tak jadi halangan. Karena memang sudah niatan buat berpuasa jadi apapun yang terjadi tetap kutahan daripada harus mengganggu puasa. Dan sampai postingan ini diketik pun sebenarnya tangan serasa gemetaran aja. Tapi demi momen pertama puasa, dipaksa aja mengetik daripada nanti malah lupa =) Dan dengan berbagi semangat, aku ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa buat kamu-kamu yang menjalankan. Semoga dibulan yang suci ini kita mendapat nilai Ibadah tertinggi yaitu ampunan dari segala dosa oleh Allah SWT. Sehingga setelah bulan puasa nanti diri kita benar-benar dalam keadaan fitrah sebagaimana selembar kertas putih tak bernoda. Harapan kita semua tentunya begitu. Amin!

3 komentar:

  1. selamat menjalankan ibadah puasa :-)

    BalasHapus
  2. salam bahagia, wah untung buka webnya sudah buka ni... kalau sian ngiler juga tu lihat makanannya...he..he...semoga kita mendapat hidayah dari Allah .Amin.

    BalasHapus
  3. @wira
    iya pak. makasih ucapannya. bisa jadi support juga.
    @pakwo
    waduh... ga segitunya kali pak :D
    sama-sama. moga dibulan ramadhan ini kita dapat rahmat dan barokah dari Allah.

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)