Kamis, 06 Agustus 2009

Tentang Nisfu Sya'ban


Hari ini bertepatan dengan malam nisfu sya’ban. Itu artinya kurang lebih lima belas hari lagi tiba bulan yang dinanti-nanti umat islam sedunia karena berkah dan rahmatnya, bulan Ramadhan. Dan juga postingan kali ini juga dalam rangka mengawali postingan di bulan agustus. Heran deh kenapa akhir-akhir ini jadi malas bikin tulisan baru. Padahal banyak aja kemarin itu ide-ide yang numpuk dikepala. Cuma karena ga langsung ditulis jadinya yaaa menguap =) Dan sedikit curhat nih, yang bikin malas ini mungkin karena laptop ku yang akhir-akhir ini agak bermasalah. LCDnya pada bagian bawah muncul garis putih yang berkedip-kedip. Dan bagiku ini sangat menakutkan, takut ni jadi permanen alias laptop ku ni rusak haduhaduh… Nyali sempat ciut juga pas tau seandainya LCD benar rusak, katanya untuk ganti ini layar jepang (emang lcd buatan jepang ya?) harganya hampir setengah dari harga laptopnya. Kemarin beli ni laptop sekitar beberapa jeti gitu dan kalau setengahnya berartiii??? Hwaaaa… aku ga punya duit segitu. Tapi yang bikin aku agak tenang sedikit ni laptop masih dalam masa garansi. Jadi mungkin masih bisa di klaim garansinya. Tapi sekarang ni aku lagi kesibukan terus jadi ga sempat ngurus ni laptop, bisa-bisa malah tambah parah entar =(

Tapi lupakan dulu kegundahgulanaan diriku saat ini. Tujuan ku bukan meratapi laptop yang sampai tulisan ini diketik garis putih dibagian bawah LCD masih berkedip-kedip, tapi mau cerita dikit tentang apa dan bagaimana pengalaman di nisfu sya’ban kali ini. Dan jujur saja aku tu sempat lupa kalau hari ini nisfu sudah tiba, kalau saja teman tak mengingatkan mungkin aku akan lupa beneran dan mungkin bengong kebego-begoan liat pas magrib orang pada rame berangkat ke masjid mushola langgar. Heran kenapa aku bisa lupa padahal jauh-jauh hari mau menyiapkan diri buat nisfu. Rencananya mau buka-buka lagi buku tentang sholat sunat dan amaliahnya biar bisa melaksanakan nisfu secara maksimal. Karena lupa, ya udah pas sore sebelum magrib aku jadi sibuk sendiri baca-baca tata cara sholat sunat. Sholat tasbih sama sholat hajat. Parah kan aku ini? Karena aku mengakui bahwa kalau ga moment kayak gini aku mungkin jarang-jarang bisa ngerjain ini sholat sunat. Tipe orang yang ada maunya hahaha… tapi masih mending kan daripada yang tidak sama sekali. Dan dengan sedikit melihat kembali pelajarannya mungkin ga terlalu salah-salah lagi buat ngerjain sholatnya. Ya ga?

Singkat cerita magrib udah hampir tiba. Rencana semula aku maunya sholat di mesjid langgananku bertahun-tahun. Tapi kata mother di rumah lebih baik sholat di langgar (kalau ga tau langgar, mushola!) ngapain jauh-jauh, katanya memakmurkan langgar itu lebih baik. Oke bu, kita nurut =) langgar didekat rumahku sempit. Jadi untuk orang sekitar langgar aja udah penuh. Tapi ga pa pa yang penting kan ibadahnya. Magrib udah tiba, dimulai dengan sholat magrib berjamaah dulu trus dilanjutkan dengah sholat taubat dan sholat hajat. Sholat taubat? Hmmm pas banget ni sama orang yang penuh dosa kayak aku hehe… siapa sih yang ga mau dosanya di ampuni? Ga berdosa itu artinya dikali dibagi dikurang dijumlah berapapun hasil akhirnya kan adalah surga. Dan sholat hajat? Artinya kita meminta kepada Allah SWT. Kemana lagi coba kita harus meminta kalau tidak padaNya. Dialah yang maha kuasa atas segala permohonan. Jadi jangan siakan kesempatan. Apalagi kata imamnya, pas disujud dirakaat terakhir kita bisa meminta hajat kita dengan diucapkan dalam hati. Dan kira-kira aku minta apa? Hohoho…ga etis jika harus diceritakan juga. Privasi gitu loh. Yang jelas aku tak meminta untuk diri sendiri. Aku meminta sesuatu yang berguna untuk orang lain.

Usai sholat hajat mulailah bersama-sama membaca surat yaasiin. Atau orang bilangnya surat yasin. Agak degdegan nih. Kenapa? Karena biasanya imamnya membacanya dalam tempo yang cepat. Dan orang-orang yang rutin membaca surat yasin aja yang biasanya bisa kayak gitu. Sementara aku jujur aja, dalam setahun terakhir aku bisa dihitung dengan jari tangan sebelah aja baca yasin dirumah. Dasar manusia parah! Dan untungnya imamnya ternyata membacanya pelan aja. Jadi aku bisa mengiringi dari awal ayat “Yaasiin…” sampai akhir ayat “…turja’uuun” Dan ternyata pas membaca yasin ada orang yang lebih parah dariku. Lambat! Keliatan kok dari halaman surahnya hehehe… setelah baca yasin dilanjutkan dengan sholat isya berjamaah dan setelah itu ada lagi, sholat tasbih. Nah, sholat tasbih ini yang agak lumayan lamanya karena banyak ayat yang harus dibaca pas sholatnya. Usai sholat perut mulai laper. Tapi sudah saling bersalaman dengan jamaah lainnya ternyata ga disuruh pulang dulu. Ada warga yang melaksanakan haulan jadi sekalian aja jamaah langgar langsung ikut membacakan doa haul dan tentunya ada makanan =) kebetulan banget kan. Padahal aku sudah mikir pulang sholat maunya makan bakso tapi karena sudah kenyang ga jadi deh hehehe...

Akhirnya, ga bakalan terasa bulan suci ramadhan segera tiba. Bulan puasa memang terasa berbeda suasananya. Tapi aku merasa harus siap-siap juga. Aku buka dan baca lagi buku yang berisi doa-doa harian. Aku tak ingin bulan ramadhan ini terlewat hanya dengan ibadah biasa. Jadi harus siap. Dan ada rencana juga bulan ramadhan entar aku maunya tarawih di mesjid yang katanya tarawihnya lama. Kalau di masjid lain selesainya sekitar jam 9 an malam, kalau mesjid yang itu katanya selesai hampir jam 10 an. Karena ayat yang dibaca dalam sholatnya tiap malam 1 juz. Tapi ini Cuma niat dulu. Mau siapin stamina dulu dalam beberapa hari menuju ramadhan ini biar pas tarawih ga kecapekan dan tidak ngantuk. Dan ada lagi niat-niat yang lain buat ramadhan entar. Semoga bisa terlaksana. Untuk itu selamat menyambut bulan ramadhan ya. Mari kita berlomba mendulang pahala di bulan mulia ^^v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)