Kamis, 06 Agustus 2009

Siap Puasa (Nisfu Jadi Ajang Pemanasan)


Akhirnya puasa nisfu hari ini cukup sukses. Lumayan juga godaannya daripada puasa di bulan ramadhan. Kenapa? Karena memang ga semua orang menjalankan puasa sunat ini. Jadi jangan heran kalau liat orang makan dan minum dnihadapan kita. Kalau bulan ramadhan mungkin itu orang malu, tapi kalau puasa yang ini tidak masalah. Dipanas-panasi dan dibayang-bayangi makanan enak pun jadi hal yang ga boleh buat kita marah. Malah katanya biar kita nambah pahalanya, dan teman yang makan minum didepan kita katanya rela sedikit berkorban dosa asal kita dapat pahala yang banyak. Ckckck…ada-ada aja!

Puasa nisfu syaban ini bagiku merupakan sebuah pemanasan buat kita berpuasa di bulan sesungguhnya nanti. Jadi cukup rasakan sendiri lah. Bila seandainya pas puasa ini terasa sangat payaaah banget kita jalani itu berarti badan kita sedang kurang dalam hal persiapan. Bila kita merasa aman-aman saja berarti kita cukup siap buat menjalani puasa di bulan ramadhan entar. Masih ada setengah bulan lagi buat kita melakukan peninjauan ulang. Jadi diharapkan pas puasa nanti benar-benar siap. Prima. Jangan sampai ada bolong-bolong hehehe…

Jadi gimana? Sudah siap dengan bulan ramadhan entar? Selain menyiapkan secara fisik kita juga harus menyiapkan hal-hal yang lain. Misalnya membuka kembali buku bacaan doa-doa harian, trus evaluasi lagi bacaan sholat karena kadang kita ga sadar untuk bacaan sholat ternyata saking kurang diceknya bacaan kita itu ada yang salah dan keliru misalnya dalam pelafalan. Ini pengalaman aku sendiri, kemarin itu aku merasa ada yang janggal dalam membaca surat AlFatihah pas sholat. Pas kucoba cek dengan membuka kembali juz amma ternyata benar saja. Pelafalanku ada yang meleset dikit dalam membaca surat itu. Trus dalam doa setelah sholat juga begitu. Aku tu ga sadar kalau aku membaca doanya tu jadi terpotong-potong. Ga tau kenapa mungkin karena dilakukan tiap hari dan jujur saja dalam berdoa sering terburu-buru jadi tanpa disadari doa yang dibaca udah kepotong dua sampai tiga kata. Dan itu terjadi lagi dihari berikutnya dan seterusnya maka jadi permanenlah doa kepotong itu. Jadi ga salahnya setidaknya setahun dua kali dicek lagi bacaan sholat kita apakah masih tepat pelafalannya atau ada yang meleset. Penting tau ga hal yang begini, menurut aku tapinya =)

Finally, mungkin banyak yang sudah ga sabar buat segera menjalani ibadah ramadhan entar. Seperti saya ini hehe… Karena memang bulan puasa itu terasa beda banget daripada bulan yang lain. Bulan dimana orang rame tadarussan dan bulan dimana kita bisa liat Luna Maya subuh subuh (itu tuh… yang diacara Saatnya Kita Sahur) jadi bersemangatlah dari sekarang. Mudahan kita dipertemukan dengan bulan ramadhan esok dan beberapa bulannya lagi di tahun mendatang. Dengan kata lain kita panjang umur. Setuju?

4 komentar:

  1. setuju bos! (termasuk setuju juga soal Luna Maya.... he3X). btw... ada yang laen neh blog? ganti tema ya om?

    BalasHapus
  2. @c4v4l3124
    Tapi jangan terlalu nafsu juga liat luna maya nya. Entar malah pagi-pagi sudah kurang pahala hehe...
    Iya nih, ganti tema biar agak fresh dikit =)

    BalasHapus
  3. Makasih banyak bang, udah hakon be'elang ke blog ulun...

    Urang pelaihari kah ??
    Ulun kmaren tu jua ke pelaihari,
    Pemandangannya mantap banar bang...!

    Salam dari blogger sampit...

    Link pian udah ulun andak di blog ulun...
    Tolang pang di andak jua link ulun...
    Hehe

    BalasHapus
  4. @pemudamasakini
    Sama-sama. Makasih atas kunjungan baliknya.
    Begitulah pelaihari adanya, masih jauh dari kesan mengglobal-warming hehe... :)

    BalasHapus

Monggo ya dikasih komentar. Telat reply jangan marah :)